Mengenal Sajubu

cropped-headerblog.jpg

1 Juta Buku Untuk Anak-Anak Indonesia

Adalah buku, salah-satu cara untuk mendidik generasi berikutnya, menanamkan kepribadian, etos kerjas dan integritas. Kami memanggil siapa saja yang ingin terlibat dalam gerakan ini. Relawan, donatur, pendukung, penonton, siapa saja yang bermimpi melihat generasi berikutnya yang lebih baik.

1 Juta Buku Untuk Anak-anak Indonesia yang dikenal baik dengan sebutan “Sajubu” adalah sebuah gerakan yang berhubungan dengan kegiatan pembagian buku gratis kepada perpustakaan sekolah, taman baca, dan perpustakaan masyarakat. Gerakan ini terbentuk pada tahun 2010 atas keprihatinan terhadap minat baca dan fasilitas penunjang belajar seperti buku-buku yang amat terbatas dimiliki oleh adik-adik di tingkat sekolah terutama yang berada pada daerah terpencil wilayah Indonesia. Berlandaskan harapan anak-anak di seluruh Indonesia, tidak peduli tempat, seperti apa sekolah mereka, keterbatasan, akses, fasilitas, dan lainnya namun tetap mempunyai bacaan yang menginspirasi. Bacaan yang membuka mata serta menumbuhkan antusiasme sehingga anak-anak di seluruh Indonesia nantinya akan tumbuh beriringan dengan pemahaman baik terhadap cita-cita pribadi mereka, keluarga, juga martabat bangsanya melalui buku-buku yang Sajubu berikan.

37 thoughts on “Mengenal Sajubu

  1. buku adalah guru yang tidak menggurui.
    kami di Yayasan Peduli Pendidikan Al-Falah (P2AF) juga setiap tahun mengadakan gerakan 1000 buku tulis untuk dhuafa.

    Semua keberhasilan besar
    dan kehidupan yang bernilai
    bagi kebaikan manusia,
    selalu dimulai dari sebuah ide.

    …Ide itu kemudian tumbuh
    melalui tindakan kecil sederhana,
    tapi yang niatnya selalu sama,
    yaitu memudahkan hidup orang lain.
    Lalu lihatlah apa yang akan terjadi????
    (Mario Teguh)

  2. Teruslah maju dan bergerak jadilah agen perubahan bagi generasi penentu bangsa dan negara. salam dari kami untuk relawan,donasi,dll yang terlibat berjuang dalam usaha mulia ini. ( salam Kami :dari SMP N 2 Serawai,kab.sintang,Prov.Kal-bar)

  3. selamat berkarya, terus mengadakan perubahan kecil yang akan berdampak besar di masa yang akan datang bismillah .. semoga gerak langkah kita selalu di dukung amien..

    salam untuk perubahan
    (salam dari kami : dari Madrasah Miftahul Huda kec.Pangatikan Kab.Garut Prov.Jawa Barat)

    add me : khara_cinta@yahoo.com

  4. Ah… envy berat sama para relawan yg bisa terjun langsung di gerakan ini.
    Seandainya aku masih tinggal di Jakarta…
    Btw, ada lowongan untuk relawan jarak jauh nggak?
    Selain donasi uang tentunya, pengen ikut berpartisipasi nih.
    Ehm, jadi tukang ngurusin WP juga mau deh, hehehe…

    1. mbak Yenni domisilinya dimana? gerakan kita sangat butuh channel2 di daerah yang bisa menjadi perpanjangan tangan untuk membagikan buku-buku disana, tentunya CP per sekolah/ perpustakaan juga tetap dibutuhkan. seandainya Mb Yenni juga memiliki beberapa teman yang berniat sama, Mb Yenni dan tmn2 disana bisa saja membuat basecamp untuk membantu kampanye, kami yang ada di Jakarta ini tentu akan sangat senang dan terbantu sekali 🙂

        1. Gampang saja, coba cek dalam kriteria perpus yang diberikan buku-buku oleh gerakan ini…
          Nah kalau bisa cari sekolah2 atau TB/Perpus Masyarakat yang memiliki perpus sesuai dengan persyaratan itu yah 🙂

  5. Waaaah keren banget…memang kita perlu menumbuhkan semangat membaca untuk anak-anak Indonesia biar generasi kita bisa terus maju…Suka sedih kalau liat sekolah-sekolah yang kekurangan fasilitas untuk belajar…Maju terus demi anak bangsa

    1. untuk saat ini kampi masih fokus menjalankan kegiatan dari Jakarta. 🙂

      bisa di share tentang kegiatan ini ke temen2 yang ada diperpustakaan lain,,

      dponz sudah mengajukan buku belum ya?? kalo belum silahkan mengirim email permohonan… 🙂

  6. sungguh mulya gerakan ini,semoga Allah selalu memberkahi langkah-langkah relawan gerakan satu juta buku yang mempunyai tujuan yang mulya yaitu mencerdaskan generasi generasi bangsa.

  7. Saya anggota karang taruna desa babelan kami mempunyai perpus/rumah baca..buku” di tempat kami masi sangat terbatas..kami sangat membutuhkan bantuannya..
    Trimakasi..

  8. kami sedang merintis PAUD KB (Pagi) dan TPQ (Sore) di daerah kami (Kp. Sempu rt 03 rw 03 Desa Pasirgombong Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi) , selain itu juga kami sedang merintis rumah baca dengan stok buku yang masih minim, padahal minat baca anak-anak tinggi. mohon kiranya bisa membantu kami. CP 0856 233 2013

  9. Asswrwb…..
    Luar Biasa!
    kalian adalah generasi pembeharu masa depan!
    saya sdh lama ingin sekali menjadikan rmh saya di kampung, sebagai Rumah baca untuk generasi di kampung (desa Ohoitel kec. Pulau Dullah, Kota Tual Provinsi Maluku)…
    agar supaya mereka juga merasahkan indahnya membaca dan mampu menumbuh kembangakan minat baca mereka yg selama ini telah hilang, akibat keterbatasan sarana prasarana dari pemerintah daerah maupun Pusat dan mereka pun tidak mendapatkan fasilitas yang selayaknya di rasakan anak-anak bangsa di Indonesia bagian barat. saya sangat mengharapkan bantuan dari teman-teman agar dapat membantu niat baik ini…. amin… saatnya mencerdaskan anak negeri, cerdaskan anak Maluku, Cerdaska Indonesia…Walam generasi Pembaharu…..

  10. Begitu hebatnya cita-cita ini, Bisakah kami mendapatkan bantuan buku cerita untuk perpustakaan kami mengingat buku bacaan kami masih sedikit di banding jumlah siswa yang kami miliki?

  11. Assalamualaikum, wr, wb.
    Saya adalah guru sm3t penempatan
    kab.kupang NTT saya mengajar di
    SMAN1 AMABI OEFETO TIMUR.di srkolah
    kami buku2 bacaan dan pengetahuan
    tidak ada sama sekali sehingga
    pengetahuan anak2 sangat
    kurang.bgaimna saya meminta bantuan
    buka?trimakasih

  12. Saya punya sekolah / madrasah ibtidaiyah yg masih baru. apa bisa juga minta buku.
    Nama sekolah: MI As’adiyah Eci
    Distrik Assue Kab. Mappi – Papua
    Kalau bisa tolong dikirim bukunya ke
    Ustadz Zakariya / Purnama 04 Asgon
    d/a UD. Purnama
    Jl. Busiri No. 10 Timika Papua

  13. saya, pustakawan dr SMP 3 TANJUNG di lombok, sangat membutuhkan buku bacaan, udah brapa kali sy ajukan sma sekolah tp gak da respon.. mohon bantuanx saudara2..

  14. Assalamu’alaikum,
    Saya iip dari Mahasiswa IAIN Sultan Maulana Hasanudin Banten, mewakili temen-temen KKM sy, saat ini kami sdg menjalankn tugas KKM. Mau mengadakan program perpustakaan di desa, kira2 kami bisa mnta bantuan sumbangan buku?? Trimakasi, wassalam

  15. assalamualaikum. ka saya dr Pondok pesantren Al-hidayah ciomas serang banten. kebetulan sy pengurus perpustakaan d sekolah. tapi buku2 y sudah pada usang. saya berharap lewat grakan SAJUBU ini bsa membantu kami dalam penambahan koleksi buku perpustakaan..
    semoga gerakan sajubu ini bsa lebih bermanfaat unt orang banyak. semangat dlm memajukan generasii muda lewat membaca.5

  16. maaf mau bertanya, misalkan sudah ada rumah belajarnya tetapi baru mau memberdayakan perpustakaannya apa juga masih belum bisa memohon mengajukan permohonan buku ya? terima kasih…

  17. SALAM PEMBERDAYAAN DARI KAWASAN PERBATASAN MALINDO-KAB. SANGGAU-KALBAR:
    SAYA MENGAPRESIASI GERAKAN SAJUBU INI, DAN TERTARIK UNTUK BERGABUNG, MUDAHAN DALAM WAKTU YANG TIDAK LAMA BISA JOIN..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *